Oleh Luhur Susilo
Guru SMPN 1 Sambong dan Anggota Satupena Kabupaten Blora
Cepu bukan hanya persimpangan ekonomi di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ia juga menyimpan sejarah panjang sebagai tanah pendidikan dan spiritualitas. Wilayah ini dahulu menjadi bagian dari Jipang, sebuah tanah perdikan yang memegang peran penting dalam perjalanan budaya Nusantara.
Menurut Dr. Kusharyadi dari Yayasan Kraton Jipang, kawasan ini telah lama menjadi pusat pengajaran, mulai dari ajaran agama hingga tata kelola kenegaraan. Dari Padangan hingga Kradenan, para empu dan alim membimbing para bangsawan untuk menjadi pemimpin yang bijaksana dan beradab.
Jipang diapit dua sungai besar: Bengawan Solo dan Sungai Lusi. Keduanya bukan hanya bentang alam, tapi simbol kehidupan dan ilmu pengetahuan. Dalam tradisi setempat, belajar disimbolkan dengan meminum air dari tjupu, cangkir tanah liat yang digunakan saat khataman kitab—lambang kesucian dan dahaga akan ilmu.
Namun, era kolonial membawa arus perubahan besar. Cepu menjelma menjadi kota minyak, dan perlahan identitas spiritual serta pendidikannya tergeser. Simbol-simbol lokal seperti tjupu mulai pudar, tergantikan oleh wajah modernisasi yang abai pada akar budaya.
Meski begitu, jejak masa lalu itu belum sepenuhnya lenyap. Cepu hari ini masih menyimpan peluang besar untuk menghidupkan kembali perannya sebagai pusat ilmu. Warisan nilai dan budaya yang tertanam sejak masa Jipang bisa menjadi fondasi kuat untuk membangun masa depan pendidikan di kota ini.
Prasasti Maribong menjadi bukti fisik dari kejayaan masa lalu Cepu. Ia bukan sekadar batu bertulis, tapi pesan yang melintasi zaman—mengajak kita untuk tidak melupakan akar. Menggali nilai sejarah ini bukan romantisme belaka, melainkan strategi kebudayaan yang membumikan pendidikan pada konteks lokal.
Kehadiran kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di Cepu menjadi titik balik penting. Ini bukan hanya pembangunan fisik, tetapi peluang untuk mengintegrasikan pendidikan tinggi dengan nilai-nilai budaya lokal. Sebuah upaya merekonstruksi identitas kota melalui pendekatan yang berbasis sejarah dan spiritualitas.
Cepu bisa menjadi model pendidikan yang berpijak pada kearifan lokal namun terbuka pada inovasi global. Ini bisa dimulai dengan kurikulum berbasis sejarah wilayah, riset kebudayaan, serta pelibatan masyarakat dalam merawat identitas bersama. Pendidikan yang hidup bukan hanya di ruang kelas, tapi juga di desa, situs sejarah, dan tradisi masyarakat.
Dalam konteks ini, pendidikan menjadi alat untuk membangkitkan kembali kesadaran kolektif tentang siapa kita dan ke mana akan melangkah. Cepu sebagai lokus pendidikan dan kebudayaan adalah cita-cita yang sejalan dengan arah pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan.
Monumentasi pembangunan di Cepu perlu dibarengi dengan penguatan identitas. Pembangunan fisik tak boleh mengaburkan warisan nilai. Justru ia harus menjadi wadah yang menghidupkan kembali akar pengetahuan, spiritualitas, dan budaya yang telah lama tertanam di bumi Jipang.
Kini saatnya mengembalikan cahaya pengetahuan yang sempat meredup. Dari tjupu ke kampus, dari Prasasti Maribong ke ruang-ruang kelas modern, Cepu menyusun kembali kisahnya sebagai kota pendidikan yang tidak tercerabut dari akar sejarah dan kebijaksanaan lokal.
Catatan Kaki:
[^1]: Kusharyadi, KRT. Jipang: Dari Tanah Perdikan ke Titik Strategis Budaya, Yayasan Kraton Jipang, 2021.
[^2]: Tradisi minum air dari tjupu dalam pendidikan tradisional Jawa dikaji dalam penelitian Mulyadi (2015), Simbolisme dalam Tradisi Akademik Islam Jawa.
[^3]: Rekaman sejarah kolonial Cepu sebagai kota minyak dapat ditelusuri dalam laporan Kolonial Belanda 1893-1920 (arsip KITLV).
[^4]: Studi kebijakan kawasan dan potensi budaya Cepu, Bappeda Blora (2022)